Cari Blog Ini

Senin, Agustus 03, 2009

"Bicycle Tour de Office" Dilakukan Pejabat Dinas Infokom

"KEREN abis…" barangkali sepintas judul di atas akan sangat menarik minat pembaca untuk menyimak tulisan ringan di bawah ini. Tetapi, memang bukan dibuat-buat, para pejabat Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Pemkot Tangerang pada setiap Hari Jumat datang ke kantornya di Gedung Puspem Kota Tangerang dengan bersepeda-ria.

Jadi, biar keren sebut saja kebiasaan di akhir pekan berkantor itu, dengan nama Bicycle Tour de Office. “Kita sudah lakukan ini sejak tiga bulan lalu, sesaat Dinas Infokom diebntuk sesuai SOTK Pemkot Tangerang yang baru,” kata H. Saeful Rohman, Kepala Dinas Infokom Pemkot Tangerang.
Awalnya hanya beberapa pejabat saja di Dinas Infokom yang bersepeda-ria ini, kini jajaran kepala bidang pun turut serta. Sontak banyak rekan-rekan pejabat di Pemkot Tangerang mengacungkan ibu jarinya bagi kebiasaan para pejabat Dinas Infokom di hari Jumat yang menyehatkan jantung dan membugarkan tubuh itu.
Obsesi para pejabat Dinas Infokom atas soal ini adalah agar kebiasaan meraka ini bisa diturut-sertai para pejabat dan pegawai lainnya di Lingkup Pemkot Tangerang.

Biar jalan-jalan protokol dan jalan-jalan lingkungan yang dilewati menjadi ramai dengan bunyi, “kriiing… kriiing… kriiing…” dari bel sepeda para pejabat dan pegawai.

Tour Sepeda Wisata
Mau tahu sejauhmana aktifitas kegemaran bersepeda-ria mereka? Pembaca pasti akan terkejut, karena aktifitas mereka boleh dibilang rada-rada kesohor juga, karena di hari-hari libur panjang mereka biasa melakukan tour sepeda wisata sampai jauhnya puluhan kilometer.

Sebut saja, Tour de Bayah-Cibareno sejauh 35 km, lalu Tour de Cagak-Sumedang sejauh 30 km, atau Tour de Carita sejauh 65 km. Medan yang dilaluinya selain naik-turun, juga jalan mulus-jalan rusak, sampai belokan 90 derajat di sebuah turunan terjal. Konon ada satu di antara mereka yang sampai kebablasan masuk ilalang, akhirnya kudu diurut dahulu baru jalan lagi.

Kalau Kadis Infokom yang memang lebih senior urusan kayuh-mengayuh pedal sepeda, dia bisa menempuh dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam. “Kalau saya enggak ketinggalan jauh, lho…” timpal Samsul, Kabid Telematika Dinas Infokom Pemkot Tangerang.

Ato Nuryanto, Kabid Postel Dinas Infokom memaparkan dirinya pun tak terlalu payah dibandingkan Kadis Infokom. “Ada lagi yang lebih payah, sampe-sampe di jalan menanjak, sepedanya didorong, “ha… ha… ha…” semuanya tertawa. Namun tampang mereka di sepeda lengkap dengan helm dan kaos special touring bicycle memang mirip pembalap-pembalap sepeda beneran.

Yang pasti, semua kegarangan dan kepayahan para pejabat ini dalam menaklukan setiap medan terrekam orisinal kamera yang dibawa Asep Tahyudin, staf Dinas Infokom yang sempat hasil rekamannya diperlihatkan kepada penulis. Medan turut-naik dengan kerindangan pohon yang subur mirip hutan memang terlihat menyenangkan dilintasi mereka. Apalagi, suguhan air kelapa hijau sesekali ditemui mereka. Waduh!

Rapat Bawa Sepeda
Direncanakan Kapala Dinas Infokom suatu saat rapat dinas di luar kota, maka peserta rapat akan dimintanya membawa sepeda masing-masing. Sesuai rapat, waktu bisa dimanfaatkan berwisata sepeda mengelilingi kawasan rapat yang tentunya akan dipilih yang menyenangkan dan berhawa segar.

Ya mudah-mudahan saja harapan ini bisa diwujudkan karena bersepeda, selain bisa menyehatkan jantung dan membugarkan tubuh, sisi lainnya santai dengan sepeda pun bisa menghilangkan stress keseharian yang dihadapi banyak pagawai dan pejabat.
Siapa mau ikut, kriiing… kriiing… kriiing. ***

Sumber : www.tangerangkota.go.id

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner